Hijrah

Hijrah bukan hanya perkara berpindah tempat, hijrah juga berarti meninggalkan segala yang sudah kita bangun, untuk kemudian membangun kembali di tempat yang baru.

Akhir September 2015, setelah 2 bulan lebih saya bertugas di Pulau Nunukan, di atas speedboat Minsen Express yang membawa saya dari Tarakan menuju Nunukan, saya diberi tahu bawasanya telah terbit surat keputusan baru yang menugaskan saya untuk kembali lagi ke Jakarta. Dari pulau terluar ke pusat republik kita tercinta. Ada semacam perasaan sedih yang muncul, meskipun dalam do’a-do’a saya selalu terpanjat agar secepatnya keluar dari pulau kecil tersebut. Namun layaknya semua perpisahan, niscaya akan menimbulkan luka, sebagaimana saya membayangkan Hatta dan Sjahrir yang habis masa pembuangannya, dengan tatapan nanar meninggalkan rumah mungil yang sekaligus menjadi tempat tahanan mereka selama 6 tahun di tepian pantai di Banda Neira.

IMG-20150921-WA0020

Kehidupan saya di Pulau Nunukan akan saya ceritakan di lain waktu, namun yang pasti, selama 2 bulan di Pulau Nunukan memberikan saya banyak perspektif baru, dan sedikit merubah bagaimana saya berencana membawa hidup saya di masa depan.

IMG_20150925_231707

Terima kasih Pulau Nunukan, dan semua penghuninya, terutama keluarga besar KPPN Nunukan, atas keramahtamahan dan bantuan selama saya di sana, sungguh suatu saat nanti saya ingin berkunjung kembali ke sana, bernostalgia dengan kesederhanaan dan keindahan surga di ujung negeri ini. Saya yakin, saya akan pangling melihat bagaimana Pulau Nunukan berkembang, semoga kearifan-kearifan yang ada saat ini akan tetap terjaga sampai di masa depan. Penekindi debaya!

Jakarta, 09 Oktober 2015,

Di antara pencakar langit di Thamrin-Sudirman, 2 minggu selepas Nunukan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s