Sungguh Narsis yang Mahal

Jikalau sampeyan membuka laman dengan ekor .go.id, kira-kira informasi apa yang sampeyan dapatkan?

Memiliki sebuah laman di dunia maya seolah menjadi sebuah keharusan modern ini. Jikalau ingin dikenal, maka cara yang paling cepat dan relatif murah tentu saja melalui dunia maya. Muka dan pemikiran Anda akan dapat dilihat siapapun, kapanpun, dan darimanapun selama mereka punya jaringan internet.

Laman di dunia maya, seperti blog saya ini misalnya, adalah sebagai ajang narsis saya, ajang saya berbagi pandangan saya, ajang saya memamerkan karya-karya saya, sah-sah saja tentunya, karena toh saya yang membuatnya sendiri, dan ditambah blog ini gratis…tis…tis, ndak bayar sama sekali.

Lalu apabila situs pemerintahan dijadikan ajang narsis, kira-kira seperti apa?

Haram!

“Suatu hal yang biasa” jika kita membuka laman instansi pemerintah, alih-alih menemukan informasi teknis atau data-data faktual, lebih banyak didapati informasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh instansi tersebut, lengkap dengan foto narsis pejabat-pejabatnya tentunya. Foto pejabat pegang mic, memotong pita, atau memukul gong tanda membuka suatu acara banyak menghiasi wajah depan hampir setiap laman instansi pemerintah. Yang secara tidak langsung menyiratkan bahwa kerjaan mereka ya hanya itu-itu saja.

Suatu laman instansi pemerintah baiknya menyajikan informasi yang ingin publik ketahui, karena fungsi dari pemerintah tentunya adalah pelayanan, dan duitnya pun tentu saja dari rakyat. Sayang seribu sayang publik hanya disuguhi kenarsisan pejabat-pejabatnya saja.

Biaya operasional suatu laman pemerintah tidaklah murah. Sebagai perbandingan, teman saya, Kincrut, mengelola laman terasolo.com, sebuah laman yang berisi informasi tentang UKM di Solo dan sekitarnya. Selama 1 bulan, terasolo.com membutuhkan biaya sekitar 10 juta. Dia bercerita ke saya bahwa dia pernah dipameri situs kepunyaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah ini, katanya biayanya pembuatan & operasionalnya sampai angka M lho, widhiiih.

Sekarang, coba bandingkan laman Kementerian Pariwisata punya tetangga kita di sini, dengan laman Kementerian Pariwisata Republik kita tercinta ini di sini.

Setelah membukanya, kira-kira informasi apa yang sampeyan dapatkan?

Narsis bukan? Mahal lagi.

2618777_20140728103143 Foto: google.co.id

Leave a Reply

