Perdirjen PER-42/PB/2012 tentang Penambahan dan Perubahan Akun Non Anggaran dan Akun Neraca pada Bagan Akun Standar

Akhirnya hari ini, Rabu, 28 November 2012, Perdirjen “pertama” saya diapprove oleh Pak Direktur Jenderal Perbendaharaan dan bakal dipakai di seluruh satuan kerja di Republik ini. Mengenai gimana saya bisa bikin, ndak perlu saya ceritakan di sini yang pasti saya seneng sekali, kalo di gunung pasti saya udah telanjang sambil teriak-teriak.

Untuk mendownload versi asli tanpa tanda tangan Pak Dirjen klik di sini dan untuk lampirannya yang tebel sekali klik di sini.

Oiya, Perdirjen ini sudah tercakup dalam aplikasi BAS Search Engine yang saya buat di bawah.

Thanks, semoga bermanfaat, lop yu pul.

6 thoughts on “Perdirjen PER-42/PB/2012 tentang Penambahan dan Perubahan Akun Non Anggaran dan Akun Neraca pada Bagan Akun Standar

  1. Tolong direnungkan atas makna dari akun 2191 (Utang Kelebihan Pembayaran Pendapatan).
    Kata “pembayaran” di situ apakah tepat? Bukankah yang tepat adalah “Utang Kelebihan Penerimaan Pendapatan” ? Ada 2 alasan sbb:

    1. Bukankah BAS ini harus dilihat dari sisi Pemerintah (bukan dari sisi pembayar pajak)? Dalam konteks ini, Pemerintah menerima pendapatan, bukan membayar pendapatan. Nah.. jika pendapatan yang diterima oleh Pemerintah ternyata melebihi dari yang seharusnya, maka timbullah utang (sekali lagi: dari sisi Pemerintah).

    2. Dari sisi nalar juga menjadi aneh: Pemerintah kelebihan membayar kok menjadi utang (Pemerintah)? seharusnya piutang dong?

    Silakan dicermati untuk menjadi bahan pemikiran.

    • Jika dilihat pada penjelasan uraian akun untuk akun 2191, misal akun 219111 yaitu akun Utang Kelebihan Pembayaran Pajak, penjelasan uraiannya adalah “digunakan untuk mencatat utang atas kelebihan pembayaran PPh”,
      Maka yang dimaksud di sini adalah timbulnya kewajiban pemerintah “atas lebih bayar oleh WP”,

      Well, Mas Kanthong Bolong, sebenarnya ini hanya masalah tata bahasa, dan jujur saja, akun ini sudah ada jauh sebelum saya masuk ke sini, mungkin pada saat dulu akun ini dibuat agar lebih menekankan istilah “lebih bayar”nya.

      Terima kasih atas masukan Mas, bagus sekali, saya tunggu masukan Mas selanjutnya.

  2. mau tanya mas, kalau setoran cicilan kehilangan kendaraan atau setoran dari perusahaan/rekanan yang masuk TP/TGR menggunakan akun apa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s