Realita!!!

Mimpi-mimpi dan harapan selalu mengiringi setiap nafas manusia, begitu pula masalah tak luput bersanding mesra mendampingi. Ideologi-ideologi yang dirasa paling benar pun tak kurang banyak dikaji dan dianut. Namun kembali lagi, saat berbenturan dengan realita, terkadang ideologi dan filosofi paling bijakpun hanya menjadi bualan belaka, begitu pula rencana-rencana yang terdengar paling sempurna terkadang hanya akan menjadi dongeng pengantar tidur.

Kembali, dalam hidup setiap masalah-masalah tak bisa dipungkiri harus dihadapi, hal yang terlihat paling harmonis pun terkadang merupakan hiasan ketidakteraturan, dan siapa sangka diantara lalu lalang macetnya ibukota kita merasa paling akrab dengan diri kita sendiri. Kadang orang memandang dengan enaknya masalah yang menimpa, memberi solusi yang terdengar ampuh, memang itu kita butuhkan, setidaknya untuk melihat dari sudut pandang lain. Namun, kembali lagi itupun tidak cukup, aksi dan reaksi kitalah yang menentukan, bahkan terkadang emosi pun harus diikutsertakan. Namun kembali satu hal yang harus ditekankan, percayalah, bahwa di luar sana ada orang yang punya masalah lebih pelik daripada masalah yang kita punya. Tak perlu berkeluh kesah, karena itu hanya menandakan lemahnya jiwa.

Saat roda berputar ke bawah, sapaan dari Tuhan terasa sebagai tamparan. Realita memang tak terduga, boleh kita terombang-ambing di dalamnya, mengecapnya, meresapinya, namun tentu berlarut-larut hanya membuat kita lebih tenggelam. Yakinlah bahwa di balik semua kecarut-marutan kita saat ini sesuatu yang manis menunggu. Setidaknya hidup telah digariskan, kita hanya perlu tegap menjalaninya.

-Note to myself-

Jakarta, September 25  2012

The worst day of my life, so far.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s