Jadi PNS itu Gampang?

Gue harus maju & gue pasti maju !!! Wish me luck.-resolusi2012

Pernah ada seorang kawan yang nulis di social network, kalo jadi PNS itu gampang, tinggal ngutang 60 juta beli ijazah udah jadi PNS. Kalo dia ngomong gitu di depan gue sekarang, I’ll break his jaw & send him straight to the deepest hell !!!

3 bulan sudah gue nganggur, dan selama itu pula gue selalu berharap ada orang yang tiba-tiba SMS gue, “Nu, selamat loe dapet di BPK.” Tapi 3 bulan berlalu hanya dengan gue tidur larut, dan balas dendam siangnya. Dan setiap keluar rumah tetangga selalu bertanya, “ Sudah penempatan dimana Mas?” Dan seperti ada auto answer button di otak, gue selalu jawab, “Belum, ini masih nunggu pengumuman Pak/Bu.” Dan yang paling kacau, kalo pengangguran ngapel, wagu banget rasanya.

Sampai akhirnya Desember lalu, ada secercah harapan, “Pengumuman bisa dilihat di situs STAN tanggal 23 Desember.”, begitu yang dijanjikan Bapak Menteri Keuangan yang terhormat. Namun sudah hampir sebulan hari itu berlalu, dan pengumuman belum juga muncul. Usut punya usut, ternyata mahasiswa lulusan sekolah ikatan dinas tetap terganjal moratorium. Katanya pemerintah sedang kelebihan beban belanja pegawai, dan untuk menguranginya tidak ada rekruitmen PNS baru sampai akhir 2013, termasuk kami yang sudah menyiapkan mental dibuang kemanapun di penjuru negeri. Meskipun jelas, mereka yang membuat kebijakan yang berfoya-foya dengan duit negara.

Tapi meskipun begitu di forum-forum santer terdengar berita yang katanya dari orang dalam, nasib kami diperjuangkan agar bisa diangkat secepatnya, hanya sebatas “katanya” saja, entah kapan. Tapi meskipun begitu, berdasar pengalaman, ini hanya untuk ngeyem-ngeyem saja, jauh api dari panggang. Maka, minggu lalu, gue mutusin gue bakal nyari tempat magang, atau malah kerja sekalipun, meskipun hanya bermodal Surat Keterangan Lulus, karena memang ijazah gue ditahan pihak kampus selama 10 tahun, sebagai jaminan gue setia sama ikatan dinas, otherwise gue harus bayar 30 juta. Dan Alhamdulillah, hasilnya minggu lalu gue dapat proyek bikin laporan keuangan & laporan pajak sama Bang Nico, sesepuh kostan yang kerja di anak perusahaan Kompas. Juga gue hubungi semua link yang gue punya buat nyariin magang. Besok gue berangkat ke Jakarta. Selanjutnya let it flow aja, tansah pasrah kawula ing Gusti.

Gue harus maju & gue pasti maju !!! Wish me luck.

Leave a Reply

