In Memoriam, Pak Madi, Sosok Hebat Di SMA N 1 Klaten

Aku ki lho Mas, nek jeneng mungkin ra apal, tapi nek nomor kendaraan mesti apal, mbok kowe wis lulus to, meskipun kowe ganti motor, aku rak apal nomormu.”

Pak Madi-2005

          Mungkin tidak ada anak SMA 1 Klaten yang tidak tahu Pak Madi, meskipun mereka yang tahu belum tentu mengenalnya. Dialah sosok sederhana yang menyambut setiap siswa di tempat parkir motor dengan senyuman ramahnya setiap pagi. Dialah yang dengan sabarnya mengatur motor-motor siswa yang diparkir asal-asalan karena dikejar waktu; entah karena PR belum dikerjakan, karena belum belajar untuk ulangan ataupun karena bel sudah berdering.  Namun satu hal yang seolah menjadi trademark Pak Madi, dia hafal hampir semua nomor kendaraan semua siswa, bahkan yang sudah lulus sekalipun. Teringat obrolan ringan waktu pulang sekolah, saat parkiran masih penuh sesak dengan anak-anak yang terburu pulang,  sembari menunggu aku duduk di sampingnya. Dengan ditemani rokok kreteknya dia berkata, “ Aku ki lho Mas, nek jeneng mungkin ra apal, tapi nek nomor kendaraan mesti apal, mbok kowe wis lulus to, meskipun kowe ganti motor, aku rak apal nomormu.” Ucapan yang sembada dan bukan bermaksud jumawa, memang dia hafal hampir semua nomor kendaraan anak-anak, tebukti sekitar setahun setelah aku lulus dia masih ingat nomor kendaraanku.

           Pernah juga waktu itu ada penertiban sepeda motor yang parkir di depan SPKG oleh Pak Kepsek, semua motor yang parkir di situ dikempesin. Dan tak ada yang menyangka, Pak Madi dengan baiknya diam-diam membawakan pompa angin, aku tidak mungkin lupa, karena motorku adalah salah satu motor yang ada di situ.

          Kini sosok hebat itu telah berpulang, sosok yang begitu berkesan di hati kami, siswa SMA 1 Klaten. Maaf kami belum bisa membalas budi baik Bapak, mungkin hanya do’a yang bisa kami berikan. Semoga dharma Bapak menghantarkan Bapak ke tempat yang lebih baik di sana.

Dari saya, AD 6859 NB.

9 thoughts on “In Memoriam, Pak Madi, Sosok Hebat Di SMA N 1 Klaten

  1. innalillahi..selamat jalan pak Madi,semoga amal ibadahmu mendapat tempat terbaik disisi Allah…saya aja udah lupa plat motor wkt sekolah dulu….

Leave a Reply

