9 Hal yang Perlu Diketahui dari Kamera Digital

1) Resolusi kurang penting daripada yang Anda pikirkan

Ada kesalahpahaman populer yang menganggap bahwa megapixels lebih mengarah pada foto yang lebih baik. Hal ini tidak terjadi.

Tentu, resolusi yang lebih tinggi memberi Anda kemampuan lebih untuk mencetak gambar yang besar, tetapi hanya sebagian kecil dari pengguna kamera digital yang mendapatkan keuntungan dari kemampuan ini. Jika Anda adalah seorang fotografer biasa yang tidak akan mencetak gambar lebih besar dari 8×10 “atau melakukan editing yang khusus, maka kamera dengan 5 – atau resolusi 6 megapixel sudahlah cukup.

Lebih lanjut fotografer kemungkinan akan menghargai fleksibilitas resolusi yang lebih tinggi, tetapi kamera 10 + megapiksel ini tidak sarana yang diperlukan untuk membuat gambar yang menakjubkan. Pilih kamera Anda dapat memahami dan mampu, dan jangan terkecoh dengan spesifikasi resolusi tinggi.

2) Zoom lebih penting daripada yang Anda pikirkan

Apakah Anda suka mengambil foto satwa liar yang jauh atau potret close-up, Anda tidak pernah memiliki terlalu banyak zoom. Sebagian besar kamera digital memiliki 3 -, atau 4x optical zoom, tetapi Anda tidak akan pernah menyesal memilih model dengan kekuatan yang lebih tele.

Untungnya kategori extended zoom camera berkembang pesat, dan ada banyak pilihan model dengan 8 -, 10 -, atau bahkan 12x optical zoom. Untuk kontrol lebih akan zoom dan kualitas, carilah extended zoom camera dengan image stabilizer, yang akan memastikan bahwa gambar diambil di tele akan tetap tajam, bahkan tanpa tripod.

3) Travelers sebaiknya menggunakan kamera dengan baterai AA

Kamera digital datang dalam dua jenis: ada yang menggunakan baterai AA dan juga menggunakan baterai lithium-ion. Jika Anda seorang traveler, terutama seseorang yang menikmati lokasi terpencil atau pedesaan, pilih kamera dengan baterai AA.

Ketika sebuah kamera yang menggunakan baterai lithium-ion kehabisan daya, maka tidak punya pilihan selain untuk mencolokkan baterai ke stopkontak untuk mengisi baterai. Hal ini membutuhkan tempat, charger baterai, dan, jika Anda di negara asing, maka mungkin butuh juga konverter daya.

Ketika sebuah kamera yang menggunakan baterai AA ukuran kehabisan daya di perjalanan, Anda dapat membuang baterai yang usang dan menggantinya dengan yang baru dengan baterai berkinerja tinggi seperti garis E2 Energizer Lithium misalnya. Dua atau tiga set baterai tersebut biasanya dapat membawa Anda melalui perjalanan 10 hari. Jika Anda tidak dapat menemukan baterai performa tinggi, Anda juga memiliki pilihan untuk menggunakan baterai alkaline standar, yang tersedia di mana pun di dunia, dan membuat sumber murah dan nyaman daya cadangan (meskipun baterai alkaline akan cepat habis).
4) Kamera kecil belum tentu menghasilkan gambar yang kecil pula.

Tentu, kamera SLR yang besar hitam dengan lensa panjang mungkin terlihat mewah, tapi tidak akan ada gunanya  jika Anda tidak membawanya. Jangan pernah meremehkan pentingnya memiliki kamera yang cukup kecil untuk masuk ke dalam saku Anda. Anda akan kagum pada gambar spontan yang Anda ambil saat ada kesempatan. Meskipun hasil dari kamera ultra compact mungkin lebih rendah daripada kamera SLR, namun kemampuannya untuk disa mengambil gambar kapanpun kita mampu setidaknya dapat menutupinya.

5) Canon membuat kamera yang hebat.

Kamera digital Canon menerima review bagus yang konsisten, dan untuk alasan yang baik: Selama 2 tahun terakhir, Canon telah berkali-kali terbukti mampu menghasilkan kamera yang dirancang dengan baik yang menghasilkan gambar yang mengesankan. Dari lini EOS di digital SLR sampai ke PowerShot kecil, Canon menginvestasikan waktu yang  substansial dalam proses desain, dan itu semua terbayar dengan hasil gambar yang diambil dari kamera Canon.

6) Kamera digital dapat dan pasti akan rusak.

Entah itu karena kerusakan akibat kecelakaan atau pemakaian sederhana dan jatuh, kamera digital tidak tahan lama seperti rekan-rekan kamera film mereka. Banyak fotografer dengan kamera film yang dapat bertahan sepuluh atau dua puluh tahun, jangan mengharapkan ini dari mainan baru digital Anda. Beberapa kamera menderita cacat desain (seperti garis-garis hitam pada layar LCD dari Canon A70), sementara yang lain menjadi korban jenis kerusakan mekanik yang mempengaruhi setiap jenis peralatan elektronik.

Apakah ini berarti bahwa Anda harus tidak membeli kamera digital? Tentu saja tidak. Sebuah kamera digital akan sangat mendasar mengubah cara Anda berpikir tentang fotografi bahwa Anda akan bertanya-tanya bagaimana Anda pernah akur tanpa bersatu. Anda harus, bagaimanapun, merasa nyaman dengan fakta bahwa suatu hari kamera Anda akan berhenti untuk bekerja.

7) Jangan taruh semua gambar-gambar Anda pada satu kartu memory.
Hal ini untuk berjaga-jaga kalau saja memory card Anda mengalami kerusakan, sehingga gambar-gambar yang telah Anda ambil akan menjadi sia-sia saja. Usahakan untuk memback-up gambar-gambar Anda pada memory lain, sehingga saat salah satu memory card Anda rusak, Anda masih bisa bernafas tenang.

8) Cari & menggunakan program foto editor sederhana

Kebanyakan fotografer digital tidak akan pernah meluangkan waktu untuk menguasai program editing foto yang mahal dan kuat seperti Adobe Photoshop atau Paint Shop Pro Jasc-program ini terlalu rumit dan memakan waktu. Untungnya ada berbagai mudah digunakan untuk program editing yang bahkan fotografer pemula yang dapat digunakan untuk mengedit, memperbaiki, dan mengatur foto digital mereka.

Salah satunya adalah Picasa, yang bisa diakses di www.picasa.com. Dengan Picasa Anda dapat melakukan semua tugas pengeditan dasar seperti sharpening, koreksi kontras, cropping, dan meluruskan-paling hanya dengan sentuhan tombol. Selain itu di Mac Preview juga sudah bisa digunakan untuk melakukan editing sederhana, seperti pengaturan kontras, sharpeness, saturation, dll.

9.) Cetak dan tampilkan gambar Anda

Terlalu banyak orang mengambil gambar digital yang besar, hanya untuk terbengkalai dalam ketidakjelasan pada hard drive mereka, juga tidak pernah untuk dinikmati oleh orang lain. Jangan biarkan ini terjadi pada Anda.

Online image hosting dan pencetakan perusahaan seperti Snapfish atau Kodak Gallery dapat mengubah foto digital anda menjadi berkualitas tinggi cetakan dari berbagai ukuran. Anda hanya dapat meng-upload foto Anda ke situs web. Dari sana Anda dapat memesan cetakan dari setiap ukuran serta foto mouse pad, kalender, t-shirt dan hadiah lainnya. Anda juga dapat mengirim link ke teman-teman sehingga mereka dapat melihat gambar Anda secara online dan memesan copian mereka sendiri.

Jika Anda ingin melihat lebih banyak foto Anda sendiri, gunakan mereka sebagai screen saver pada komputer Anda. Cukup klik kanan pada desktop Anda, pilih Properties / Screen Saver / Pengaturan, dan Anda dapat langsung akses dari komputer anda ke gambar yang ingin Anda gunakan.

Diedit dan diterjemahkan dari : http://www.digitalcamera-hq.com/

3 thoughts on “9 Hal yang Perlu Diketahui dari Kamera Digital

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s