Pemandian Air Panas Ciseeng, Sarana Relaksasi di Luar Jakarta

” Begitu masuk ke dalam kolam, beeeeeeh, tubuh serasa dipijit, nikmat banget, residu-residu penat serasa larut bersama aliran air yang tak pernah berhenti.”

Mungkin baru sedikit dari Jakartans yang tahu bahwa 1 jam dari Jakarta terdapat pemandian air panas alami, tepatnya di Ciseeng, Parung. Minggu lalu saya dan 2 orang kamerad saya melancong ke sana. Kami berangkat dari Bintaro, masuk tol BSD dengan sebelumnya membayar toll-fee sebesar Rp. 4,500,-.

Setelah 7 km yang singkat, kami keluar dari tol BSD dan ambil arah Bogor. Sampai di Puspiptek belok ke kanan, sampai menemui sebuah pertigaan, belok ke kiri, dan setelah itu luruuuus saja, kira-kira sejauh 20 km. Akses jalan ke Ciseeng lumayan sempit dan ramai, jadi apabila ada truk besar di depan Anda, dijamin akan diasapi untuk waktu yang cukup lama.

Setelah Pasar Ciseeng, kira-kira 10 menit, di sebelah kiri, Anda akan melihat sebuah bukit kapur, yang tidak terlalu tinggi sehingga kadang kalah bersaing dengan atap-atap rumah penduduk yang menutupi pandangan. Kami sempat kebablasan, karena plang tanda” Tirta Sanita”, nama pemandian air panasnya, cukup kecil, sehingga luput dari pandangan.

Sampai di lokasi, kami disambut tukang parkir yang tersenyum ramah dan menarik uang parkir sebesar Rp. 2,000,-. Jangan khawatir mobil Anda akan kekurangan tempat untuk parkir, karena tempat parkir Tirta Sanita ini cukup luas, mungkin muat untuk 100 mobil.

  

Ada 2 lokasi pemandian air panas, 1 atas bukit, di tempat terbuka, dan 1 lagi di bawah, di sauna. Untuk pemandian yang terbuka kita bisa sepuasnya, bahkan dari pagi sampai malam pun boleh, namun untuk sauna hanya terbatas untuk 30 menit sekali bayar. Kami memilih untuk menjajal mandi tempat terbuka, untuk masuk lokasi ditarik biaya Rp. 3,000,- dan untuk mandi Rp. 5,000,-. Ada beberapa kolam umtuk berendam, dengan tingkat kehangatan yang berbeda, yang paling atas yang airnya langsung berasal dari sumbernya, air cukup panas, kira-kira 50°C, di tengah, kira-kira 45 °C, dan kolam paling bawah, kolam untuk anak-anak kira-kira 35 °C. Selain itu air juga kaya akan kandungan belerang, sehingga cocok bagi Anda yang berpanu, berkadas, berkurap, dan sebangsanya. Namun, karena kandungan belerangnya yang cukup tinggi, air pun berasa asin dan bau belerang lumayan menyengat, terutama di kolam yang paling atas. Namun begitu masuk ke dalam kolam, beeeeeeh, tubuh serasa dipijit, nikmat banget, residu-residu penat serasa larut bersama aliran air yang tak pernah berhenti.

So, bagi para Jakartans yang udah empet banget ama rutinitas, bosan sama macetnya ibukota kita tercinta, daripada main ke mall yang kesemuanya sama saja suasananya, dan Anda cuma digiring ke arah pola hidup konsumtif, lebih baik Anda nglaraske pikir ke pemandian air panas ini!!!

About these ads

8 thoughts on “Pemandian Air Panas Ciseeng, Sarana Relaksasi di Luar Jakarta

    • Kalo dari arah tangerang kota cari aja arah ke BSD masbro, atau bisa lewat tol arah BSD, dari situ arahnya bisa dibaca di postingan saya, kalo kurang jelas bisa dilihat di google maps, atau bisa angsung bertanya orang di jalan,
      Selamat lburan,:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s